Cara Mengatasi Laptop Lemot

5/5 - (4 votes)

Laptop lemot memang menjadi masalah yang pasti Anda derita. Apalagi jika laptop menjadi andalan untuk bekerja. Tentu saja masalah laptop yang lemot bisa mempengaruhi kinerja Anda. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi laptop lemot tanpa servis yang dapat Anda lakukan sendiri. Penasaran dengan solusi untuk masalah ini? Lihat penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Laptop Lemot

Untuk membantu Anda mengatasi laptop lemot, tidak ada salahnya mengetahui penyebabnya agar Anda bisa lebih merawat laptop Anda.

Salah satu penyebab paling umum dari laptop lemot adalah penuhnya ruang penyimpanan atau hard drive laptop Anda. Anda dapat membayangkan hard drive laptop Anda sebagai tempat penyimpanan semua data di laptop Anda. Semakin penuh dan sibuk hard drive Anda, semakin lama laptop Anda akan menemukan file yang Anda inginkan di hard drive Anda ketika Anda menjalankan program.

Harddisk yang penuh biasanya disebabkan oleh file-file sementara yang muncul saat sebuah file dibuat, seperti dokumen Word, namun tidak hilang saat file tersebut selesai dibuat.

Penyebab laptop lemot selanjutnya adalah RAM. Dapat dikatakan bahwa kinerja RAM sangat erat kaitannya dengan kinerja laptop Anda. Semakin banyak memori yang tersedia di RAM, semakin baik kinerja laptop Anda, bahkan jika Anda menjalankan banyak aplikasi.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Setelah mengetahui beberapa penyebab laptop lemot, kini saatnya Anda mempelajari berbagai cara mengatasi laptop lemot

1. Hapus File yang Sudah Tidak Penting

images via GIPHY

Cara mengatasi laptop lemot yang satu ini paling mudah. Setiap laptop memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Ada 128 GB, 256 GB, hingga 1 TB. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak file yang bisa Anda simpan di dalamnya.

Namun jika Anda terlalu cuek dengan sisa kapasitas laptop, jangan heran jika laptop tiba-tiba melambat. File yang terlalu penuh hingga hampir kehabisan kapasitas laptop bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot.

Sayangnya Anda tidak menyadari hal ini karena penyebabnya berasal dari kapasitas yang hampir penuh. Apalagi jika Anda sering mengambil screenshot di laptop.

Kebiasaan kita umumnya lupa untuk menghapus file screenshot yang tersisa dan lama kelamaan akan menumpuk dan memakan ruang memori. Jika dengan keadaan seperti itu, cara mengatasi laptop lemot adalah dengan melihat berapa sisa kapasitas yang tersedia.

Jika ada sisa sedikit, Anda dapat membersihkan disk c atau Anda perlu menghapus file yang tidak penting, terutama yang berukuran besar, agar kapasitas laptop kembali besar dan kinerja laptop tidak lagi lesu.

Anda dapat menghapus file yang tidak lagi digunakan secara manual, tetapi ada baiknya menggunakan fitur pembersihan disk sistem operasi Anda, terutama Windows. Disk Cleanup memungkinkan Anda untuk membersihkan file yang umumnya tidak terlihat di folder biasa, sehingga Anda dapat membersihkan hard drive laptop dengan lebih baik.

Atau Anda juga bisa mengupgrade HDD dengan SSD yang memiliki kecepatan baca lebih baik. Karena dengan performa perangkat yang memiliki kecepatan lebih baik, diharapkan laptop tidak lagi lemot.

2. Ukuran RAM Sudah Tidak Memadai

Jika Anda punya uang untuk digunakan, Anda bisa mencoba cara mengatasi laptop lemot ini. Selain berbicara tentang kapasitas penyimpanan, spesifikasi laptop dan kapasitas RAM juga penting untuk mengoptimalkan kinerja laptop.

Ukuran RAM juga bervariasi. Ada 2 GB, 4 GB, 8 GB, hingga 16 GB. Semakin besar kapasitas RAM, semakin kuat kinerja laptop. Jika Anda pengguna laptop dengan kapasitas RAM yang besar, Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus di latar belakang atau melakukan pekerjaan berat seperti mengedit video dan lain-lain.

Namun jika pekerjaan yang Anda lakukan pada laptop terlalu berat dan kapasitas RAM tidak mencukupi, maka kapasitas RAM yang Anda gunakan bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Solusinya adalah dengan mengupgrade atau menambah RAM dan memperhatikan aplikasi yang berjalan di background.

Menggunakan aplikasi yang terlalu besar dan tidak perlu akan membebani kinerja RAM dan memakan kapasitas RAM, jadi tutup saja untuk memberi ruang bagi aplikasi yang lebih berguna saat itu.

3. Uninstall Aplikasi

Menghubungkan masalah menghapus file terkadang juga ketika terlalu sering silent aplikasi yang tidak digunakan menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Padahal aplikasi tersebut memiliki banyak sekali format.

Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan, kapasitas penyimpanan juga berkurang sehingga menjadi lemot. Maka dari itu cara mengatasi laptop lemot akibat penggunaan aplikasi adalah dengan menguninstall aplikasi yang tidak terpakai dan membersihkan drive c agar kapasitas laptop besar dan tidak lemot lagi.

4. Menggunakan Antivirus

Untuk mengatasi laptop lemot, virus sudah menjadi hal yang tidak bisa diabaikan. Virus menjadi salah satu masalah yang masih menyebabkan laptop lemot hingga saat ini. Jika terasa lemot, tapi masih belum tahu cara mengatasi laptop lemot, coba instal antivirus. Mungkin ada virus di laptop Anda. Masalahnya adalah Anda tidak dapat menemukan virus tanpa bantuan program antivirus.

Anda dapat memilih untuk menggunakan antivirus bawaan sistem operasi Anda. Namun, sebaiknya Anda juga memilih program antivirus yang tersedia di pasaran. Pastikan untuk memilih antivirus yang menurut Anda terbaik di pasaran dan segera lakukan pemindaian agar virus yang ada dapat dideteksi dan kemudian segera dihapus.

5. Install Ulang

Jika Anda sudah mengikuti beberapa cara di atas untuk mengatasi laptop lemot, namun laptop Anda masih belum bekerja secara maksimal, maka cara terakhir untuk memastikan laptop tidak menjadi lemot adalah dengan memasangnya kembali. Proses install ulang Windows atau Mac memakan waktu lama.

Namun sebelum melakukan ini, Anda perlu menyimpan data penting ke hard drive eksternal atau cloud agar tidak hilang. Resiko pertama dari reset adalah hilangnya data di laptop. Jadi Anda perlu menyimpan data penting terlebih dahulu dan kemudian menginstal ulang.

Jadi sekarang Anda sudah tahu cara mengatasi laptop lemot tanpa harus datang ke service center. Daripada bingung harus merawat laptop, pilihan sewa laptop sudah pasti lebih baik. kami memiliki berbagai jenis laptop dengan spesifikasi berbeda yang sudah bisa Anda sewa. Kunjungi sewamedia.com untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment