Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

5/5 - (10 votes)

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi – Bagi pengguna laptop, touchpad sangatlah penting. Anda tidak perlu repot membawa mouse eksternal dan mencari tempat ekstra untuk meletakkannya.

Jadi, jika touchpad laptop tidak berfungsi, mungkin ada masalah besar. Persiapkan situasi dengan mengetahui cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi.

Ada beberapa cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi yang bisa Anda lakukan. Touchpad adalah komponen yang digunakan untuk memindahkan kursor pada laptop. Tentu saja, jika touchpad tidak berfungsi, akan menghambat semua aktivitas Anda saat menggunakan laptop.

Jika Anda menghadapi situasi ini, jangan khawatir dan ikuti beberapa cara untuk memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi yang telah kami siapkan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Beberapa hal dapat menyebabkan touchpad tidak berfungsi, seperti driver yang belum diperbarui hingga hal-hal kecil seperti fungsi touchpad yang dinonaktifkan. Berikut 6 cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi:

1. Pastikan Touchpad Anda dihidupkan

Cara pertama untuk memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi adalah dengan memeriksa apakah touchpad aktif atau tidak. Terkadang tanpa disadari, kita sering menekan tombol fungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Anda dapat mencoba mengaktifkannya kembali dengan menahan tombol fn pada keyboard sambil menekan tombol fungsi dengan ikon panel sentuh.

Kombinasi tombol fungsi (FN) yang paling umum digunakan adalah: FN + F5, FN + F6, FN + F7.

Jika cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mengaktifkan touchpad secara manual. Caranya, Anda masuk ke menu start. Ketik ‘mouse’ di kolom pencarian dan jendela baru akan muncul. Pada tab opsi perangkat, periksa apakah clickpad atau touchpad aktif atau tidak. Jika tidak, klik Aktifkan atau Aktifkan.

Bagi Anda pengguna Windows 10, cara mengakses pengaturan touchpad sedikit berbeda. Klik tombol start atau Windows pada keyboard lalu klik logo pengaturan (roda gigi). Buka menu perangkat lalu buka menu pengaturan touchpad. Jika tidak aktif, Anda akan melihat bahwa tombol dinonaktifkan. Tekan tombol untuk mengaktifkan touchpad di laptop Anda.

2. Restart Laptop Anda

Penyebab touchpad tidak berfungsi selanjutnya adalah karena error atau error yang terjadi pada sistem operasi laptop. Oleh karena itu, untuk memperbaikinya, Anda dapat mencoba reboot.

Baca juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

3. Perbarui/Update Driver Touchpad

Salah satu penyebab touchpad berikut tidak berfungsi adalah driver touchpad belum diperbarui. Anda tidak perlu menginstal driver touchpad saat membeli laptop karena driver akan terinstal secara otomatis. Namun, jika terjadi masalah, Anda harus memperbaikinya secara manual melalui pembaruan driver touchpad.

Anda dapat memeriksa driver touchpad dari Device Manager > Your PC > Mice dan perangkat penunjuk lainnya. Klik kanan pada driver touchpad Anda dan pilih Perbarui driver. Jika jendela baru muncul, pilih ‘cari perangkat lunak driver secara otomatis’.

Jika itu masih tidak berhasil, Anda dapat menghapus instalan driver touchpad. Caranya masih sama dengan membuka device manager dan mencari “Mice and other pointing devices”. Perbedaannya adalah alih-alih memilih pembaruan driver, Anda memilih uninstall. Jika demikian, reboot dan driver touchpad akan diinstal ulang secara otomatis. Ini biasanya bergabung secara otomatis

4. Melakukan System Restore

Jika beberapa cara memperbaiki touchpad laptop di atas tidak berhasil, Anda tidak bisa melakukannya, maka sudah saatnya Anda mencoba langkah besar: dengan melakukan system restore.

Laptop Anda mungkin baru saja melakukan pembaruan otomatis. Pembaruan ini mungkin penyebabnya. Alih-alih menginstal ulang pembaruan yang diinstal, Anda dapat langsung melakukan pengembalian sistem ke hari atau tanggal touchpad laptop Anda masih berfungsi.

Sebelum melakukan cara mengatasi touchpad laptop ini tidak berfungsi, ada baiknya Anda melakukan backup data terlebih dahulu. Ini karena mungkin ada data yang terhapus saat melakukan pemulihan sistem. Sistem akan memberi tahu Anda tentang file atau perubahan apa pun yang akan terjadi sebelum Anda melakukannya.

5. Cek Charger Laptop

Laptop yang disambungkan ke arus listrik atau sedang di-charge bisa menjadi salah satu penyebab touchpad laptop Anda tidak berfungsi. Terkadang arus listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi touchpad pada laptop. Karena itu, Anda dapat memeriksanya dengan melepaskan pengisi daya dari laptop.

Jika touchpad berfungsi kembali setelah melepas charger, lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mencolokkan charger laptop ke sumber listrik yang berbeda. Jika touchpad masih tidak berfungsi, sangat disarankan agar Anda membeli charger laptop baru untuk menghindari kerusakan laptop lebih lanjut.

6. Menggunakan Mouse USB atau Wireless

Jika semua cara di atas untuk memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi di atas berhasil, maka inilah saatnya menentukan pilihan untuk menggunakan mouse eksternal. Jika tidak ada cara di atas yang berhasil, touchpad laptop Anda mungkin tidak dapat digunakan lagi dan tidak ada cara untuk memulihkannya melalui perangkat lunak (perbarui driver touchpad).

Anda masih memiliki opsi untuk membawanya ke pusat layanan dan memperbaikinya dengan perangkat keras. Namun, biaya perbaikan di pusat layanan mungkin lebih mahal daripada membeli mouse eksternal.

Baca juga: Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

Itulah beberapa cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi. Anda dapat mencoba memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi dengan memperbarui perangkat lunak atau driver laptop. Restart laptop juga bisa menjadi solusi. Namun, jika cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi dari segi perangkat lunak, maka ada baiknya mempertimbangkan mouse eksternal.

Bagi anda yang membutuhkan laptop untuk bekerja atau kegiatan mendesak lainnya, silahkan hubungi kami kapanpun anda membutuhkan laptop. sewamedia.com siap menawarkan jasa sewa laptop harian jika cara di atas untuk memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi dan Anda tidak bisa menunggu layanan laptop berakhir.

Leave a Comment