Cara Mengunci Folder di Laptop

5/5 - (7 votes)

Ada banyak cara untuk mengunci folder di laptop, baik untuk keperluan pekerjaan maupun pribadi, untuk melindungi data penting. Ada beberapa cara untuk mengunci dan mengamankan folder rahasia. Mulailah dengan memanfaatkan fitur keamanan laptop Anda atau memanfaatkan fitur aplikasinya.

Hal ini tentu saja tergantung pada keinginan Anda. Berikut ulasan lengkapnya yang bisa Anda coba sendiri nanti.

Cara Mengunci Folder di Laptop

Ada beberapa cara untuk mengunci folder di laptop agar aman dan tidak dibuka oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

1. Menggunakan Aplikasi Folder Lock

Mari kita mulai dengan mengunci folder di laptop menggunakan aplikasi. Di antara berbagai aplikasi yang menawarkan fitur kunci folder, Folder Lock bisa menjadi opsi yang cukup populer. Anda bisa mengunci folder tersebut dengan password atau menyembunyikan folder tersebut agar tidak terlihat saat laptop Anda sedang digunakan.

Untuk menggunakan Folder Lock, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi ini terlebih dahulu. Setelah aplikasi berhasil diinstal, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi utama atau kata sandi utama. Kemudian Anda tinggal menambahkan folder (Add Folders) atau file yang ingin Anda sembunyikan atau kunci. Baris folder dan file yang dilindungi ini terlihat dari dalam aplikasi.

Anda juga dapat melakukan cara serupa untuk menonaktifkan perlindungan folder dan file. Jika folder terkunci, Anda hanya perlu memasukkan kata sandi untuk mengakses file data di folder tersebut. Aplikasi-aplikasi tersebut termasuk aplikasi yang mudah dipahami dan digunakan, termasuk bagi Anda yang tidak terlalu mahir menggunakan komputer.

Baca juga: Cara Reset Password iPad

2. Menggunakan Aplikasi 7Zip

Selain Folder Lock, mengunci folder di laptop dengan aplikasi juga bisa dilakukan dengan aplikasi 7Zip. Aplikasi 7Zip juga merupakan salah satu aplikasi dengan tampilan sederhana dan fitur yang mudah digunakan. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari internet secara gratis. Beberapa laptop bahkan memiliki aplikasi ini di sistem bawaannya.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, yang harus Anda lakukan adalah memilih folder dan file mana yang ingin Anda lindungi. Jika demikian, yang perlu Anda lakukan adalah mengunci folder dan file di dalamnya dari menu Enkripsi di aplikasi.

Masukkan kata sandi yang mudah diingat, lalu tekan OK. Dengan cara ini, Anda harus memasukkan kata sandi setiap kali Anda membuka folder dan file yang terkunci.

3. Menggunakan Aplikasi My Secret Folder

Jika Anda masih menggunakan aplikasi, kali ini Anda dapat menggunakan aplikasi My Secret Folder. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah ukuran memori atau bobot aplikasi yang ringan. Sehingga tidak akan “mengambil ruang” atau menggunakan kapasitas penyimpanan yang terlalu banyak di laptop. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini berbayar dengan uji coba gratis selama 30 hari pertama.

Setelah Anda selesai mengunduh dan menginstal My Secret Folder, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur kata sandi untuk setiap folder yang ingin Anda kunci. Metodenya tidak jauh berbeda dari beberapa aplikasi yang dijelaskan sebelumnya. Untuk mengakses folder yang Anda kunci, Anda harus terlebih dahulu membuka aplikasi ini untuk memasukkan kata sandi.

4. Menggunakan Fitur Enkripsi Folder Default

Selain memanfaatkan fitur pengunci folder dari beberapa aplikasi di atas, penguncian folder di laptop juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan laptop. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan folder “rahasia” yang ingin Anda lindungi. Setelah disiapkan dalam satu folder, gunakan saja fitur Enkripsi Folder.

Untuk mengakses fitur ini, klik kanan pada folder yang ingin Anda kunci. Nanti akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih Properties kemudian pilih menu Advanced. Di menu Lanjutan, cari kotak yang bertuliskan Enkripsi konten untuk melindungi data, centang kotak kosong di depan teks.

Kemudian klik OK. Jangan lupa untuk mencentang teks Terapkan perubahan untuk folder, subfolder, dan file ini. Dengan cara ini folder Anda dienkripsi.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

5. Menggunakan CMD

Terakhir bisa juga menggunakan Command Prompt atau juga singkatan CMD. Ini adalah perintah program yang digunakan pada sistem operasi Windows. Untuk mengakses CMD adalah dengan menekan logo Windows + R.

Kemudian masukkan informasi di mana folder itu ada. Jika foldernya ada di Data D, Anda bisa mengetikkan perintah D:.

Perintah selanjutnya yang harus dimasukkan adalah sebagai berikut;

cacls [nama folder]/p everyone:n

Pastikan untuk mengetik nama folder persis seperti yang muncul di folder. Setelah perintah ini dimasukkan, folder akan terkunci secara otomatis. Untuk membukanya, masukkan kembali perintah yang sama, tetapi ganti “:n” dengan huruf “:f”.

Bukan hanya untuk laptop Anda sendiri. Saat Anda sewa laptop dari perusahaan rental untuk keperluan tertentu, sebaiknya Anda tetap menyimpan folder tersebut dengan data-data penting.

Ingatlah untuk menghapusnya sebelum mengembalikannya sehingga orang yang tidak bertanggung jawab tidak dapat mengaksesnya. Gunakan salah satu cara untuk mengunci folder di laptop yang dijelaskan di atas.

Leave a Comment